Fieldtrip SMPIT Mutiara TP.2010/2011   Leave a comment

Pada tanggal 17-20 Februari 2011 Angkatan 2010/2011 menikmati masa-masa akhir menjelang UAN dengan mengadakan FIELD TRIP yang berlokasi di desa Kamang Mudiak, kecamatan Kamang Magek, kabupaten Agam, provinsi Sumatera Barat. Perjalanan ini menggunakan 6 bus rombongan yang masing-masingnya berisi murid sekitar 20-22 orang. Saya pun mendapatkan bus ke-6. Dan kunjungan yang kami laksanakan itu selama 3 hari 3 malam.

Pada kegiatan ini,bukan hanya untuk bersenang-senang, tapi juga untuk menambah ilmu. Di kamang magek kami mendapat pelajaran tentang alamiah.

Sebelum berangkat kami check in di sekolah jam 17.00 pada tanggal 17 februari. Sambil menunggu teman-teman berkumpul,  kelas 9 SMP ini diberi Lembar Kerja Siswa (LKS) sebagai catatan untuk mengamati bagaimana kegiatan Petani menanam padi dan bagaimana cara kerja beternak ikan di sawah dan cara beternak ikan di kolam biasa. Beberapa waktu kemudian tibalah waktu shalat maghrib, lalu kami melaksanakan shalat maghrib dan isya di sekolah dengan di jama’. Setelah sholat, kami berkumpul di mesjid untuk di berikan pengarahan oleh ibu kepala sekolah kami, Bu Melza Wati. Setelah itu, kami turun dan menuju bus masing masing.

Sekitar jam 20.00 kami meninggalkan sekolah. Di perjalanan ke Sumatra Barat tersebut, udaranya sudah mulai sangat dingin sewaktu kami melewati perbatasan Riau dengan Sumatra Barat. Selama di perjalanan kami sempat berhenti beberapa kali untuk makan malam, buang air kecil dan menunggu bus-bus lainnya yang tertinggal di belakang.

Perjalanan yang kami tempuh kira-kira 9 jam ini akhirnya sampai di kamang magek sekitar pukul 5 pagi. Rombongan field trip pun langsung menuju rumah penginapan masing-masing yang telah di bagi menjadi beberapa kelompok yang nantinya setiap kelompok mendapatkan 1 rumah untuk penginapan dan 2 guru pembimbing. Jarak antara rumah cukup dekat, tetapi antara rumah laki-laki dan perempuan tidak dekat. Dan di antara rumah tempat kami menginap ada yang mendapat rumah yang bagus, dan ada pula yang mendapat rumah sederhana. Setelah sampai di rumah penginapan kami menyegerakan solat subuh. Ada yang sholat di mushola ada juga yang di penginapan masing-masing. Setelah sholat subuh murid kelas 9 mulai melakukan kegiatan sendiri-sendiri, ada yang beristirahat, ada yang  jalan-jalan sambil melihat pemandangan sawah dan bukit-bukit dan lain sebagainya. Lalu pada pukul 9 pagi rombongan berkumpul di rumah buk deti untuk sarapan bersama. Setelah serapan, kira-kira jam pukul 10 sebelum waktu solat jum’at kami berkumpul di lapangan yang luas untuk melaksanakan kegiatan alamiah. Terkadang lapangan itu di genangi air dan menjadi danau seperti pada field trip tahun sebelumnya saat kelas 9 angkatan 2009/2010. Di lapangan itu ada kerbau dan burung bangau, dari kejauhan juga tampak sawah, bukit dan kolam ikan. Saat itu matahari sangat terik, tetapi walaupun terik matahari menyengat, udara yang dingin terus bertiup untuk menyejuk kami. Kami pun mulai berbenah ke kolam ikan untuk mempelajari cara pembibitan ikan di kolam sawah. Kami berbaris melingkari kolam sambil mendengarkan penerangan pembibitan ikan oleh bapak yang merupakan saudara dari buk deti. Lalu kami mecatat cara pembibitan ikan tersebut di LKS.

Setelah kami mempelajari cara pembibitan ikan, kegiatan di sawah di hentikan beberapa jam karena murid kelas 9 yang laki-laki akan melaksanakan sholat jum’at, sementara itu yang perempuan solat dzuhur di rumah penginapan dan setelah sholat kami kembali berkumpul untuk makan siang di rumah buk deti. Setelah semuanya makan siang kami bergegas ke belakang rumah bu deti tepatnya ke persawah. Di sawah itu kami medapat ilmu lagi, tentang penanaman padi. Tetapi tidak semuanya yang mendengarkan penjelasan tentang penanaman padi, melainkan bermain lumpur di sawah temasuk qadri, m.rizky, vindy,rivo, risky.y juga ikut bermain lumpur.

Lalu, setelah bermain di lumpur kami bersih-bersih dan mandi, rasanya badan sangat gatal karena kuman-kuman di sawah dan kaki tergores dedaunan kering di sawah. Seusai mandi beberapa anak laki-laki pergi ke warung dekat penginapan untuk makan mie dan kopi yang hangat, rasanya badan lumayan hangat saat makan mie dan minum kopi walaupun cuaca sedang tidak bersahabat. Tidak lama kemudian azan maghrib pun bergema dan kami segera melaksanakan solat maghrib dan isya secara di jama’ dan setelah solat kami kembali ke rumah bu deti untuk makan malam. Dan pada pukul 9 malam kami beristirahat.

Hari ke-2 di kamang yaitu hari Sabtu, kami pergi jalan-jalan ke daerah jam gadang. Dari rumah, kami bersiap-siap, kami membawa semua yang di perlukan selama di perjalanan. Kami juga sudah membawa uang untuk berbelanja di sana. Sekitar jam 08.00 kami meninggalkan rumah. Sebelum kami berangkat untuk berbelaja, kami di beri arahan oleh guru-guru kami. pertama kami ke Jam Gadang. Di perjalanan, salah satu bus rombongan kami salah jalan, yaitu bus 06 yang di naiki qadri, vindy, risky.y. Di tempat pemberhentian bus kami di turunkan, tepatnya di sebelah hotel yogya .Dan pada pukul 17.00 kami harus sudah berada kembali di parkiran bus. Suasana pasar cukup ramai, banyak pengamen yang berlalu lalang, banyak juga turis yang terlihat sedang berbelanja. Di sana kami membeli keperluan kami dan membeli oleh-oleh untuk keluarga. Selain berbelanja kami juga pergi ke kebun binatang. Di kebun binatang, kami bisa melihat berbagai jenis binatang yang dilindungi dan binatang yang sering dijumpai, di sana juga terdapat rumah gadang, museum ikan dan museum binatang yang di awetkan. Kemudian kami menyebrangi jembatan limpapeh yang ada out boundnya, kami bermain outbond juga di sana. Dan biaya outbondnya pun terjangkau.

Setelah merasa capek dan lapar, kami makan siang di rumah makan simpang raya. Tetapi makan siang dan malam kami pada hari itu di tanggung sendiri. Pada saat jalan-jalan ini banyak teman-teman yang tampak sangat bahagia. Waktu pun terus berlalu, akhirnya pukul 17.00 pun tiba, kami pun kembali ke tempat yang telah di janjikan, tetapi tetap kami harus menunggu, karena guru kami ada yang belum sampai ke bus. Sewaktu kami menunggu di dalam bus, pengamen dan pengemis banyak berdatangan. Kurang lebih 6 pengamen dan beberapa pengemis yang berdatangan ke bus-bus kami. Ada yang sengaja berbohong untuk mendapatkan uang dari kami dan ada pula yang memaksa di beri uang. Setelah semuanya berkumpul di parkiran bus. Akhirnya kami kembali ke penginapan jam 18.00. Sebelum kami kembali ke penginapan, kami berhenti di toko kerupuk “SANJAI”. Kami membeli nasi untuk makan malam dan kerupuk untuk dibawa pulang ke penginapan. Azan maghrib pun berkumandang, lalu kami berhenti di suatu mesjid untuk sholat maghrib dan isya secara di jama’. Pukul 19.30 kami sampai di rumah, lalu kami makan, setelah itu membersihkan seluruh barang-barang, karena esok paginya kami akan pulang ke Duri. Setelah membersihkan barang, kami beristirahat.

Hari ke-3 di Kamang, kami bersiap-siap pulang ke Duri, barang yang kami bawa pulang lebih banyak dari pada saat kami pergi. Jam 08.00, kami berkumpul di rumah Bu Deti untuk sarapan, dan pada jam 09.00 kami sudah meninggalkan Kamang, tetapi kami berhenti lagi di tempat kerupuk “SANJAI” untuk menambah oleh-oleh. Setelah itu kami kembali melanjutkan perjalanan. Jam 14.00 kami berhenti di rumah makan “si bur” untuk shalat dan makan siang. Setelah itu, kami melanjutkan perjalanan.

Lalu, sekitar pukul 19.00 kami sampai di Duri, kami di jemput oleh orang tua masing-masing di sekolah. Perjalanan field trip kami ke Kamang Magek kali ini cukup berkesan karena kebersamaan kami sangat terasa selama di sana, kami lebih dekat dengan guru dan teman-teman, kami bisa menikmati hasil ciptaan Allah SWT, dan bisa lebih berbagi terhadap sesama. Dan juga perjalanan ini cukup melelahkan sekaligus menyenangkan.

Semoga FIELD TRIP ini meningkatkan dan memberi semangat mereka menghadapi UAN yang sedang menanti.

 

Posted Maret 26, 2011 by mfurqon9ridho

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: